Cara membuat efek Tulisan Pelangi dengan Photoshop - alif-ilmu

Cara membuat efek Tulisan Pelangi dengan Photoshop

Alif Ilmu | Berikut ini saya akan membuat sebuah tutorial yaitu " Cara membuat efek Tulisan Pelangi ".
Let's Start ! Pertama kita buat area kerja baru dengan ukuran 610 x 320 pixel, caranya dengan klik File > New.
pilih Horizontal Type Tool untuk membuat sebuah tulisan dan beri warna (saya sih sukanya warna putih biar kontras gto), simpen teks tersebut ditengah-tengah area kerja. Font yang saya gunakan adalah Franklin Gothic Heavy. seperti ini gambarnya.
nah setelah itu pilih Layer > Rasterize, kemudian pilih Rectangular Marquee Tool untuk membuat seleksi seperti gambar dibawah ini dan tekan CTRL + SHIFT + J untuk memotong layer yang diseleksi tadi.
Setelah itu kita gunakan Color Overlay untuk layer baru yang bekas/tilas/urut di potong tadi, caranya gimana yah???....begini nich caranya pilih icon add a layer style kalau pusing nyarinya cari ja diatas taskbar sebelah kanan anda. Ubah warnanya seperti pada gambar dibawah :
Setelah pengaturan seperti diatas selesai akan tampak seperti ini.
Ulangi lagi langkah-langkah diatas untuk tulisan/teks selanjutnya, semoga saja kalian masih ingat!!. beri kode warna berikut untuk setiap hurufnya ( #074d9d, #0496b7, #00992b, #8c9f09, #9f0929), maka akan terlihat seperti ini :
Jika sudah selesai seperti gambar diatas setelah itu gabungkan semua huruf menjadi satu caranya klik layer ke 3 dari bawah > tekan Shift + layer paling atas > Ctrl + E maka semuanya akan menjadi satu (hanya bisa pada Photoshop CS2 dan versi selanjutnya). biar lebih jelas lihat gambar dibawah :Tekan CTRL + J untuk menduplikat objek tulisan yang telah di gabungkan, dengan cara itu akan muncul layer baru diatas layer yang aslinya. Pilih layer yang aslinya lalu klik Filter > Blur > Motion Blur, lalu atur seperti gambar di bawah ini :
sekarang kita lihat hasil penerapan efek tadi, bagus ga yah???
Wah bagus…tapi kayanya ada yang kurang…emh saya perbagus lagi dah!
Pilih layer paling atas lalu klik Select > Load Selection > klik Rectangular Marquee Tool dan tahan tombol Alt untuk memotong bagian bawah seleksi. Setelah pemotongan seleksi tekan CTRL + J > beri efek color overlay ( seperti pertama yang saya jelaskan), pilih warna putih dan kurangi opacity mejadi 50%, maka hasil akhir akan seperti ini :Mungkin anda bisa mengkreasikannya seperti ini :

saya yakin anda semua bisa membuatnya jadi selamat mencoba yah !
                                                                                      Salam :

6 komentar

matap deuh Calon IT..!hehehee

eh salh calon desiggner dei..!!ajrken atuh..!!

hahaha...eta ge karak belajar...oke dah kita saling sharing ja!!

sorry nih telah, Kawan...
mantabs deh....
emang bener calon desaigner..he..he... :D

thanks buat infonya, kawan... sangat bermanfaat sekali

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas.
Sebuah komentar manjadi sebuah inspirasi saya untuk terus berkarya, berkomunikasi dan berimajinasi.