Membuat Kalender dengan Coreldraw - alif-ilmu

alif-ilmu

Kumpulan Tutorial Desain

"Design like you. So Beautiful"

Thursday 22 February 2018

Membuat Kalender dengan Coreldraw


  1. Jalankan program Coreldraw, di sini saya menggunakan Coreldraw versi X7.
  2. Buat halaman baru dan tentukan ukuran kertas yang nantinya akan menjadi ukuran kalender tersebut. Saya setting dengan ukuran kertas A3. Klik tombol OK.
  3. Pilih menu Tools > Macros > Run Macro..., setelah itu akan muncul kotak dialog Run Macro.
  4. Pada kotak dialog Run Macro di bagian Macros in pilih CalendarWizard(CalendarWizard.gms) lalu klik tombol Run.
  5. Pada kolom Calendar Date pilih tahun dan ceklis semua bulan dengan menekan tombol All.
  6. Pada kolom Calendar Language tentukan bahasa pada pilihan Language dan tentukan hari libur pada pilihan Week start on. Karena pilihan bahas Indonesia tidak ada, jadi kita harus membuatnya sendiri dengan menekan tombol New... pada kolom Calendar Language.
  7. Setelah menekan tombol New... lalu akan muncul dialog box Define Language. Isi nama, bulan dan hari dengan bahasa yang akan dibuat seperti gambar di bawah. Klik tombol Add/Modify > klik tombol Close.
  8. Pilih Language dengan bahasa yang baru dibuat, yaitu bahasa Indonesia.
  9. Klik tombol Holiday yang ada di sebelah kanan pilihan Week starts on untuk menginputkan hari libur. Maka akan tampil dialog box Define Holidays for 'Indonesia'.
  10. Isi Bulan, Tanggal dan Nama hari libur pada kolom Holiday Info lalu klik tombol Add/Modify untuk menambahkan hari libur pada kolom Holidays Specified. Setelah hari libur telah di inputkan semua klik tombol Close. Lihat gambar di bawah.
  11. Tentukan layout kalender pada pilihan Layout, kurang lebih semuanya ada 20 macam layout kalender. Tekan tombol Expand >> untuk memperbesar tampilan layout. Sebagai contoh saya pilih layout Year: Image + 12 Small [3x4].
  12. Klik tombol Generate. Selesai, maka tampilan kalendernya akan seperti gambar di bawah.
cara ini dilakukan sebelum menekan tombol Generate.
Mempercantik tampilan kalender dapat dilakukan dengan mengubah beberapa settingan default-nya sebagai berikut:

Mengatur Margins
Atur margin pada tab Page Layout di kolom Margins. Ubah margin kiri, atas, kanan, dan bawah sesuai yang diinginkan.

Mengatur tampilan Bulan dan Hari
Pada Tab Small: Header terdapat 3 kolom, yaitu kolom Title, kolom Header, dan kolom Header Highlights. Kolom Title berfungsi untuk mengubah tampilan bulan, kolom Header berfungsi untuk merubah tampilan Hari, dan kolom Header Highlights untuk menandai tampilan hari libur.
Pada kolom Title pilihan Font berfungsi untuk mengubah jenis Font, Font style, ukuran font dan Effect. Text untuk merubah warna tulisan, Back untuk warna background, border untuk garis tepi dan pilihan Show Year untuk menampilkan tahun di samping kanan bulan. Ubah sesuai yang diinginkan.
Pada kolom Header tidak jauh berbeda dengan kolom Title hanya saja yang berbeda adalah bagian Position dan Style, untuk bagian kedua tersebut biarkan saja secara default.
Untuk kolom Header Highlights yang diubah cukup dibagian Font saja, samakan dengan Font di kolom Header. Lihat hasilnya untuk tab Small: Header

Mengatur Tampilan Tanggal
Pada tab Small: body berfungsi untuk mengubah bagian tanggal. Dibagian ini yang diubah hanya bagian Font, Border, dan Text Alignment.
Bagian Font samakan dengan Font di kolom Header tab Small: Header. Hilangkan ceklis pada bagian Border. Ubah Bagian Text Alignment menjadi center. Hasilnya akan seperti gambar di bawah.

No comments:
Write komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas.
Sebuah komentar manjadi sebuah inspirasi saya untuk terus berkarya, berkomunikasi dan berimajinasi.

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter